Blogger Template 3 Kolom Bermasalah Pada Cara Indeks SEO

Salam Bloger!

Apakah Blogger Template 3 Kolom Bermasalah Pada Cara Indeks SEO?
Sahabat bloger tercinta. Setelah membaca sana-sini di blog-blog terkenal ataupun blog-blog baru, tentang bagaimana cara robot spider Google Search Engine (khususnya) dalam membaca atau mengidentifikasi serta mengindeks konten dari blog kita. Ternyata hampir mayoritas menyampaikan hal yang sama, meskipun dengan bahasa yang berbeda-beda bahwa permasalah pada jenis template yang kita gunakan sangat berpengaruh besar terhadap hal ini.

Banyak trik-trik dan tips yang telah diberikan oleh para master blog tentang bagaimana agar entry atau postingan di blog kita cepat terindeks oleh Google Search Engine. Dengan cara dan trik yang bermacam-macam baik dalam pemilihan template yang tepat, menggunakan tool-tool hack, dan lain sebagainya. Tentunya semuanya sah-sah saja untuk dilakukan. Dan apabila artikel kita dimuat di halaman 1 pada page Google Seacrh merupakan suatu kebanggaan bagi admin blog tersebut. Apalagi di urutan "number one", wah serasa dunia maya milik kita. 

Bagaimana Search engine mengindeks posting pada blog kita? Kira-kira beginilah simulasinya:
"Para robots spider yang ditugaskan oleh search engine biasanya melakukan crawling (penelusuran) sebuah halaman situs web atau blog mulai dari sebelah kiri atas sampai dengan bagian kanan bawah dari halaman web atau blog. Dan robots search engine ini diprogram HANYA untuk membaca (mengindeks) informasi berupa rangkaian teks maupun hyperlink (tautan) yang ada di halaman web/blog kita. Berarti semua pernak-pernik gambar-gambar indah yang kita pasang di blog atau efek animasi flash TIDAK AKAN DIBACA oleh search engine."
Tentang kebenarannya? Ya begitulah secara logika bisa diterka sebagaimana kita membaca sebuah buku, pada umumnya pasti kita akan membaca dari awal dan tentunya dimulai dari atas sebelah kiri bukan? Jika ini salah, urusan indeks-mengindeks itukan haknya Search Engine kan? Ya terserah mereka Haha. (Beginilah pemahaman saya, ya maklum masih baru bikinnya blog - 2012 - tentunya masih awam tentang itu semuanya).

Lantas Bagaimana agar konten blog kita segera diindeks oleh Seacrh Engine?
Dari simulasi di atas tentunya bisa kita terapkan pada blog kita agar artikel pada postingan kita segera dibaca/diindeks oleh Search Engine. Mari kita cermati template kita dengan seksama:

1. Biasanya template terdiri dari tag h1, h2, h3, h4, h5, h6 dst.
Urutan ini mungkin sudah mutlak dari susunan blog-template atau tidak, tanyakan saja kepada masternya yang lebih ahli dalam hal ini.

2. Apabila susunannya adalah seperti nomer 1, tentunya yang akan terbaca terlebih dulu oleh SE (Search Engine) adalah tag h1, dan ini adalah tag untuk judul page kita. Dan seterusnya akan menelusuri tag h2, h3, dan seterusnya.

3. Sementara jika kita perhatikan template pada umumnya, untuk entry atau postingan berada di tag h2 (pada template 2 kolom)atau h3 (pada template 3 kolom), bahkan mungkin ada yang berada di tag h4 kira-kira saja begitu, Hehe..

4. Untuk urusan desain template memang menjadi hak perogatif siempunya blog kan? Entah menggunakan template 2 kolom, atau 3 kolom, atau 4, 5 kolom jika mungkin. Dan ini bukan sebuah keharusan untuk menggunakan template 2 kolom karena urusan kesenangan pribadi, kecuali dengan tujuan-tujuan tertentu. Misalnya, anda ikutan kontes SEO dll. Toh ini pun juga bukan keharusan untuk menggunakan template 2 kolom, meskipun anda ikut kontes tersebut.

Pertanyaanya, Apakah template 3 kolom (seperti blogOman ini) akan lambat diindeks oleh Search Engine? Apalagi dengan sidebarnya yang terletak di kiri-kanan?
Menurut saya tidak menjadi masalah. Karena saya sendiri juga tidak mengikuti ajang kontes apa-apa. So, "NO PROBLEM" Hehe.

Tapi saya telah membaca beberapa triks dan tips untuk mengatasi permasalahan dari susunan template tersebut. Jika cara robot spider Search Engine dalam menelusuri konten pada suatu blog dengan cara pada simulasi di atas, maka ada satu trik yang bisa saya kemukakan kepada sahabat-sahabat bloger yaitu menaruh element hEntry pada template blog sahabat pada tag h2 atau jika memungkinkan taruh saja pada tag h1. Itu saja teori sederhana yang bisa saya sampaikan. 

Semoga jika ini bermanfaat, mudah-mudahan sahabat-sahabat bloger bisa menerapkannya pada template blog anda. Selamat mencoba.
Salam bloger!
 
Catatan: Sementara ini saya terapkan di template Blogger, khususnya yang menggunakan template blogger 3 kolom. Untuk wordpress, blogdetik, dan yang lainnya. Silahkan mencari tahu kepada master-master blog yang lebih ahli dalam hal ini.

Untuk master-master blog yang mungkin kebetulan membaca artikel ini jika ada kesalahan, mohon untuk dikoreksi dan dibetulkan. Terima kasih.

0 komentar:

Berikan komentar Anda tentang artikel ini. Anda sopan kamipun segan. Terima kasih

Jika berminat dengan artikel-artikel di blog ini silahkan Follow by Email di bawah ini: